Di Bawah ini Merupakan Beberapa Provider kami

Cara Membersihkan AC Split


Keadaan Indoor Unit Siap Dicuci


Outdoor Unit Dalam Posisi Siap Dicuci

AC Split merupakan alat untuk membantu sirkulasi udara dan juga untuk menurunkan temperatur pada suatu ruangan. Agar AC Split berfungsi dengan baik maka perlu dilakukan perawatan salah satunya dengan cara membersihkannya, hal ini merupakan cara merawat AC Split dan juga cara mencegah AC Split rusak. Yang perlu dilakukan untuk membersihkan AC Split adalah:
  1. Membersihkan Filter Udara
    membersihkan filter udara pada indoor unit merupakan cara yang efektif untuk menjaga kondisi AC agar tetap bersih tanpa mengeluarkan biaya karena sangat mudah yaitu dengan cara membuka penutup indoor unit dan mengambil filter yang berbentuk seperti jaring kemudian dicuci sampai bersih lalu dikeringkan setelah itu kembalikan filter pada indoor unit seperti semula. Mengingat filter merupakan pelindung agar kotoran tidak mencapai evapurator, membersihkan filter merupakan langkah yang baik untuk mencegah penumpukan kotoran pada evapurator yang menyebabkan udara kotor dan mengurangi kemampuan pendinginan. Membersihkan filter udara sebaiknya dilakukan sesering mungkin 1 atau 2 minggu sekali karena filter hanya menempel pada indoor unit sehingga tidak berpengaruh pada mesin AC.
  2. Membersihkan Evapurator
    membersihkan evapurator merupakan hal yang sangat penting sebab evapurator merupakan bagian utama mesin pendingin yang berfungsi untuk menyerap panas pada ruangan oleh karena itu apabila evapurator kotor dapat menghambat proses penyerapan panas dan menghambat sirkulasi udara selain itu juga mengakibatkan udara kotor. Penumpukan kotoran yang terlalu banyak pada evapurator dalam waktu lama dapat menimbulkan jamur pada evapurator dan berpotensi merusak kompresor sebab proses sirkulasi refrigran terhambat. Untuk membersihkan evapurator perlu menggunakan plastik penampungan air dan air bertekanan. Cara untuk membersihkan evaporator adalah: buka penutup indoor unit lalu pasang plastik penampung air yang berfungsi untuk mengalirkan air ke tempat pembuangan air untuk itu pastikan plastik terpasang dengan baik sehingga air tidak menetes kemana-mana, setelah itu semprot evapurator dengan air bertekanan sampai bersih hati-hati jangan sampai terkena rangkaian yang berada disebelah kanan evapurator, setelah itu bersihkan blower dan saluran air dengan cara disemprot dengan air bertekanan sehingga sirkulasi udara lancar dan pembuangan air lancar, setelah itu lepas plastik penampung air dan kembalikan indoor unit seperti semula. Membersihkan evapurator sebaiknya dilakukan minimal 3 bulan sekali. Pada saat menyemprot indoor unit AC harus dalam keadaan mati.
  3. Membersihkan Outdoor Unit
    membersihkan outdoor unit merupakan hal yang tidak kalah pentingnya dengan membersihkan indoor unit sebab sebagian besar komponen mesin pendingin berada pada outdoor unit. Outdoor unit menjadi penting untuk dibersihkan sebab terdapat kondensor yang berfungsi untuk membuang panas yang diserap oleh evapurator dan juga terdapat fan yang berfungsi untuk membantu sirkulasi udara sehingga mempercepat proses pembuangan panas. Cara untuk membersihkan kondensor adalah menyemprotkan air bertekanan ke sela-sela kondensor hampir sama seperti membersihkan evaporator pastikan tidak ada kotoran pada sela-sela kondensor sebab apabila sirkulasi udara pada kondensor terhambat mengakibatkan proses pembuangan panas tidak sempurna sehingga proses pendinginan kurang maksimal. Pada saat menyemprot outdoor unit AC harus dalam keadaan mati. Membersihkan outdoor unit sebaiknya dilakukan bersamaan dengan indoor unit.
Itulah cara membersihkan AC Ruang tipe Split yang bertujuan untuk merawat AC Split dan mencegah kerusakan AC Split.